Pengenalan Komponen-komponen Komputer - Dalam merakit sebuah Komputer (PC), sebenarnya kita melakukan penggabungan beberapa komponen fisik yang nantinya akan saling mendukung dalam suatu kinerja proses komputasi. Komponen fisik ini lebih dikenal sebagai Perangkat Keras (Hardware).

Perangkat keras (Hardware) ini, sekarang sudah banyak dijual terpisah sehingga memungkinkan bagi kita untuk membuat / merakit komputer (PC) sesuai dengan keinginan kita. Perangkat keras ini tersedia dan dijual bebas dengan berbagai macam Merk Dagang.

Setiap merk dagang pun memiliki karakteristik masing-masing seperti performa kinerja (performance), kualitas bahan, jenis komponen, fitur yang dimiliki dan daya tahan komponen.
Karakteristik inilah yang pada akhirnya menentukan HARGA yang biasanya berbanding dengan KUALITAS yang dimiliki setiap Merk.

Alasan Merakit PC


Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam merakit sebuah PC, yang paling utama adalah alasan merakit PC tersebut. Karena hal ini kembali pada fungsi utama apakah yang akan kita gunakan pada PC tersebut. Kebutuhan setiap orang akan PC berbeda-beda, diantaranya :

  •  Kebutuhan untuk menulis seperti mengetik dan menyimpan bahan tulisan.
  • Kebutuhan untuk internet, browsing dan download.
  • Kebutuhan akan multimedia seperti memutar lagu, video dan film.
  • Kebutuhan untuk mendesain gambar, memanipulasi foto, desain grafis 3D,   meng-edit video atau lagu, bahkan untuk membuat sebuah durasi film
  • Kebutuhan entertain seperti bermain games 3D tingkat tinggi dan games  yang terkoneksi dengan internet (games-online).
  • Kebutuhan-kebutuhan tersebut diatas yang nantinya akan berpengaruh terhadap pilihan-pilihan perangkat lunak (hardware) yang akan dibeli dan dirakit hingga menjadi sebuah PC.

1.      Processor

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
·         Aritcmatics Logical Unit (ALU)
·Control Unit (CU)
·Memory Unit (MU) 
Pengenalan Komponen-komponen Komputer

2.      Mainboard / Motherboard

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.
Pengenalan Komponen-komponen Komputer

Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
·      Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada
komputer.
·      Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi
mengatur data komponen komputer lain.
·      Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard


3.      Hard Disk

Pengenalan Komponen-komponen Komputer
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data di simpan sebagai pulsa magnetic pada jaringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data di simpan dalam lingkaran konsentris yang di sebut track. Tiap track di bagi dalam beberapa segment yang di kenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan kerpiringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya yang berada di setiap piringan. Head itulah yang selanjutnya bergerak mencari sektor-sektor tertentu untuk di lakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector di sebut seek time. Setelah menemukan sector yang di inginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang di perlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.


4.      Memory

Memori computer merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.Memori juga di artikan sebagai perangkat yang amat penting dalam sistem berbasis mikroprosesor, mikrokontroller, maupun PC.Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU
Tempat penyimpanan data. Terbagi atas 2 bagian, memori primer dan memori
sekunder. Memori primer adalah tempat kerja bagi processor, tempat menyimpan
data yang akan diproses oleh processor. Contohnya adalah RAM dan VRAM.
Memori sekunder adalah tempat menyimpan seluruh data yang bersangkutan   dengan dokumen dan perangkat lunak. Contohnya: Hard disk, Flash disk (disebut dengan USB stick), CD, Disket, dll. 
Pengenalan Komponen-komponen Komputer

5.      CD / DVD Room

CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE  dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya  dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.
DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.
Pengenalan Komponen-komponen Komputer

6.      Casing

Kotak komputer yang berisi Processor, Motherboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, control board, power supply disk drive dan komponen-kompenen lainnya.
Fungsi Casing :
·         Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja.
·         Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.
·         Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU.
·         Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol- tombol maupun lampu-lampu.
·         Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.
Pengenalan Komponen-komponen Komputer

7.      Power Supply

Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.

Pengenalan Komponen-komponen Komputer

8.      Mouse

Mouse merupakan salah satu perangkat keras(hardware)yang sangat di butuhkan ketikaseseorang ingin mengoprasikan komputer secara cepat dan efektif. Mouse merupakan salahsatu hardware yang berguna untuk input data. Atau sering kita sebut sebagai pointing devicekarena mouse di gunakan untuk menunjuk icon yang akan kita pilih.
Pengenalan Komponen-komponen Komputer

9.      Monitor

Monitor adalah output device / alat keluaran yang berfugsi untuk menampilkan gambar pada layar. Gambar yang ditampilkan berasal dari proses grafis yang dilakukan oleh VGA Card. Berdarsarkan teknologi yang digunakan monitor memiliki 2 jenis yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display).
Monitor CRT adalah monitor yang berukuran besar seperti televisi, monitor jenis ini menggunakan tabung gelas yang layarnya berbentuk cembung, selain layar cembung monitor CRT ada juga yang berlayar datar (flat). Monitor ini bekerja dengan cara menggerakan sorotan elektron secara maju mundur dibalik layar. Setiap sorotan itu mengenai titik fosfor yang ada di tabung gelas monitor dan selanjutnya menerangi begitu banyak garis dari atas hingga bawah layar sehingga gambar dimunculkan. Monitor CRT memberikan warna yang lebih kaya dalam spektrum penuh dibandingkan monitor LCD. Oleh karena itu, para pendesain grafis lebih memilih moniitor CRT karena langsung bisa membandingkan warna di monitor dengan yang akan dicetak.
LCD banyak ditemukan pada jam digital dan layar laptop atau handphone. LCD merupakan jenis monitor yang menggunakan dua lembar materi terpolarisasi dengan kristal cair yang berada di tengahnya. Saat arus listrik mengalir dan melalui cairan kristal, kristal itu bergabung sehingga cahaya tidak masuk. Oleh karena itu, kristal berfungsi seperti katup yang mengizinkan cahaya masuk atau diblokir. Monitor LCD memiliki bentuk yang ramping, ringan, dan tipis sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk meletakannya dibanding monitor CRT. Selain itu monitor LCD mengkonsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan monitor CRT.
Pengenalan Komponen-komponen Komputer

10.  Keyboard

Keyboard merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempunyai antara 85 hingga 120 tombol yang terdiri atas (A,a, B,b, C,c, …..Z,z) angka (0,1,2,…9), symbol atau biasa dinamakan karakter khusus (@#$%..... dan sebagainya) serta tombol-tombol F1,F2,F3, namun untuk keperluan khusus keyboard hanya memiliki beberapa tombol saja. Jumlah tombol yang ada pada PC berbeda-beda tergantung pada PC yang digunakan. PC desktop mempunyai 101, 104, 110 atau 118 tombol. Sedangkan notebook atau laptop, jumlah tombolnya bisa semakin sedikit karena mempunyai ruang yang kecil.
Penekanan tombol pada keyboard bisa dilakukan dengan sendiri-sendiri atau pertombol atau beberapa sekaligus untuk menunjukan maksud tertentu, sebagai misal CTRL + ALT + DEL, +1 huruf tertentu CTRL + Break dan sebagainya. Hati-hati dalam menggunakan penekanan tombol khusus yang akan memberikan akibat terhadap hal-hal yang tidak diinginkan pada komputer kita, ketahuilah dengan seksama masing-masing fungsi yang ada.

Pengenalan Komponen-komponen Komputer  
Demikianlah artikel kali ini tentang Pengenalan Komponen-komponen komputer. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

4 komentar


EmoticonEmoticon